Cara Install WordPress di Control Panel Webuzo Free Version

Beberapa bulan yang lalu, saya sudah membahas mengenai cara menginstall control panel webuzo di VPS CentOS. Namun, banyak sekali yang bertanya mengenai cara menginstall CMS WordPress di webuzo, terutama bagi yang menggunakan control panel webuzo yang versi gratisannya, karena di webuzo yang free version tidak dilengkapi dengan one app click instalation seperti di premium version. Oleh sebab itu, pada postingan ini saya akan menjelaskan dengan lengkap, bagaimana cara menginstal CMS wordpress di webuzo free version + dengan gambar screenshotnya sehingga lebih mudah untuk dimengerti. Tanpa panjang lebar, mari simak tutorialnya.

Langkah Pertama : Setelah menginstall CPanel webuzo versi gratisan, Silahkan akses  webuzo admin setting panel dengan mengakses <ipadress:2004> kemudian klik general setting dan centang Is this VPS Server ? seperti gambar dibawah.
webuzo-wordpress

Setelah mencentang seperti gambar diatas, kemudian klik save setting.

Langkah Kedua : Silahkan masuk ke admin panel webuzo <ipadress:2002> dan klik manage database, setelah itu silahkan klik add new database seperti gambar dibawah. Dalam tutorial kali ini saya akan membuat database saya dosenhosting.

webuzo-wordpress-2

Langkah Ketiga : Buat database new user dengan mengklik add user to database seperti gambar dibawah. Dalam tutorial ini nama username database saya yaitu us_dosen. setelah meng-create new database user, silahkan koneksikan user dengan database seperti yang ditunjuk pada panah no 2 dibawah. Dan klik add untuk menambahkan privilage user tersebut ke database.

webuzo-wordpress-3

setelah klik add, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah, centang all privilage pada gambar panah 1 kemudian submit changes.

webuzo-wordpress-4

Langkah Keempat : Setelah sukses membuat database & usernya, klik file manager sesuai dengan screenshoot dibawah.

webuzo-wordpress-5

Langkah Kelima : Klik public_html > upload file wordpress yang telah di download dari wordpress.org. setelah file wordpress di upload ke public_html, maka akan muncul sebuah zip file yang berwarna kuning, kemudian extract file tersebut, lihat gambar dibawah untuk detail yang lebih lengkap.

Langkah Keenam : Setelah file tersebut di extract, maka akan muncul sebuah folder biru bernama wordpress. Setelah itu, masuk kedalam folder tersebut seperti yang terlihat pada screenshoot dibawah.

webuzo-wordpress-7

setelah masuk kedalam folder biru wordpress tersebut, silahkan klik select all (ctrl + A) semua file, dan klik move file ke public_html seperti pada gambar dibawah.
webuzo-wordpress-8

Langkah ketujuh : Setelah selesai move semua file tersebut ke public_html, langkah selanjutnya adalah mengintal wordpress tersebut. Caranya tinggal mengakses ip adress sobat ke browser dan langsung akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

webuzo-wordpress-10

silahkan masukan database, username database dan passwordnya sesuai dengan yang dibuat pada langkah kedua dan ketiga diatas,  Kemudian klik submit. Sampai tahap ini, wordpress sobat telah siap untuk digunakan. Semoga tutorial ini membantu pembaca sekalian dan  Happy Blogging ya 😀

Baca juga : Basic Command SSH Linux server

4 Comments

  1. Rifai Setyawan 17 November 2016
    • admin 17 November 2016
      • Rudi 5 Agustus 2017
  2. Jay 13 Juni 2017

Leave a Reply