Cara install webmin di VPS centos dan Fedora

Webmin adalah control panel gratis yang didirikan pada tahun 1997 oleh seorang developer asal australia, bernama jamie cameron. Dengan Webmin, sobat bisa mengkonfigurasikan layanan seperti Apache, PHP, DNS, file sharing, setup account pengguna dan lain sebagainya. hanya dengan menggunakan browser web, maka sobat tidak diwajibkan secara manual mengedit konfigurasi Unix file seperti / etc / password, dengan webmin semuanya telah terkonfigurasi secara otomatis. Webmin dibuat berdasarkan bahasa pemograman perl dan berjalan sebagai proses tersendiri di web server. TCP port 10000 adalah standar TCP Port yang digunakan dan dapat dikonfigurasi untuk menggunakan SSL jika OpenSSL diinstal dengan tambahan  Perl Modules. Salah satu hal yang paling menarik dari webmin adalah ia merupakan control panel yang paling ringan dan memakan resource paling sedikit diantara para competitornya.

Baiklah, mari kita langsung saja masuk ke tutorial nya. Langkah-langkah penginstalan webmin di VPS Centos / fedora tidaklah begitu sulit. Disini saya menggunakan cloud Centos 6,7 64 Bit dari digitalocean. Tutorial ini juga berlaku bagi pengguna RedHat Enterprise Linux (RHEL), Fedora, dan distro-distro lainnya yang berbasis RPM.

Langkah Pertama : akses vps sobat melalui SSH Putty, bagi yang belum mengetahui bagaimana caranya akses VPS melalui SSH, silahkan buka link ini untuk tutorial lengkapnya.

Langkah Kedua : Dikarenakan webmin ditulis dalam bahasa perl, maka dibutuhkan dependencies dibawah ini

yum -y install perl perl-Net-SSLeay openssl perl-IO-Tty

Untuk dokumentasinya silahkan lihat pada gambar dibawah ini.

Langkah ketiga :  masukkan command dibawah yang berfungsi untuk mendowload semua paketnya dan sekaligus dapat mengeksekusi secara otomatis semua instalasi dari control panel webmin ini

rpm -Uvh http://downloads.sourceforge.net/project/webadmin/webmin/1.791/webmin-1.791-1.noarch.rpm
Langkah Keempat : Setelah semua instalasi yang dilakukan telah selesai maka control panel webmin sobat telah dapat diakses dengan beberapa detail sebagai berikut :

Url: https://<server ip address>:10000

Login: root

Password: <root password>

webmin-tutorial-3

Sekian tutorial instalasi control panel webmin dari saya, jika ada yang masih membingungkan dari tulisan saya diatas maka jangan sungkan untuk menulis pertanyaan  di kolom komentar post ini. Jangan lupa untuk melihat tutorial VPS lainnya seperti tutorial install ISP Manager dan Tutorial Install VestaCP.

Leave a Reply