Teori Dasar SEO WordPress Onpage bagi Pemula

Seperti yang kita ketahui, wordpress adalah platform website / blog selfhosting yang paling banyak sekali digunakan di dunia ini. Hal ini disebabkan, platform wordpress sangat mudah sekali disetting, banyak sekali theme cantik gratis yang bertebaran di internet, kaya akan ribuan plugin dan lain sebagainya. Namun, setiap orang yang memiliki blog pasti menginginkan banyak  pengunjung yang datang keblognya, oleh karena itu ada beberapa teori dasar untuk memastikan bahwa blog sobat telah teroptimasi untuk penulusuran Search engine aka SEO Onpage.

Gunakan Theme yang Responsive

Hubungannya apa SEO dengan theme responsive? itulah pertanyaan yang sering saya dengar. Di era teknologi saat ini, smartphone, baik itu android phone, tablet android, iphone, dan Ipad sangatlah banyak digunakan. pada pertengahan tahun 2014, google melaporkan bahwa sebanyak 54,5 % google search engine dilakukan melalui mobile devices.

Sekarang google telah mempunyai googlebot mobile yang akan meranking semua website dalam pencarian mobile search engine. Jadi intinya dinamika pencarian search engine destkop vs mobile menjadi akan berbeda. Bedanya kalau di mobile search engine ia sangat memperhatikan sekali responsive design atau mobile friendly design dari sebuah website sehingga bagi website atau blog yang tidak memiliki theme responsive maka akan susah direkomendasikan pada pencarian mobile di google yang mengakibatkan website yang tidak responsive akan kehilangan mobile traffic. Jika bagi teman yang masih ragu apakah template atau theme yang sedang digunakan responsive atau tidak,  maka bisa di check di Google mobile friendly Test

Cek disini : Daftar Theme WordPress Responsive Gratis

Buatlah permalink WordPress yang SEO Friendly

Banyak sekali kesalahan yang terjadi bagi para blogger wordpress nubie yang sama sekali tidak megganti struktur permalinknya dibagian wordpress setting. Padahal struktur permalink adalah salah satu point penting dalam SEO Onpage. berikut beberapa contoh permalink wordpress :

  1. http://www.sainsjurnal.com/?p=123
  2. www.sainsjurnal.com/folder/17483956/xl/635397.htm
  3. www.sainsjurnal.com/cara-membuat-wordpress/
  4. www.sainsjurnal.com/blogging/cara-membuat-wordpress/

Permalink no 1 dan no 2 adalah tipe permalink yang tidak SEO Friendly karena sama sekali tidak mengisi informasi tentang post, keyword, dan judul. Sementara no 3 dan no 4 adalah permalink yang SEO friendly. Untuk sekedar berbagi, blog saya ini menggunakan custom domain no 4 dengan struktur sebagai berikut :

www.sainsjurnal.com/%category%/%postname%/

Membuat Interlink

Interlink adalah link yang ada di dalam sebuah blog dan diarahkan ke artikel atau post lain yang ada didalam blog itu sendiri. Fungsi utama interlink adalah mempermudah bot search engine untuk merayapi dan mengindex semua semua post dan page yang ada didalam sebuah website atau blog. Selain itu, interlink juga dapat menurunkan bounce rate sebuah blog dan membuat para pembaca artikel lebih banyak mendapatkan ilmu yang disajikan didalam sebuah blog.

Memasang Plugin SEO

ada dua plugin SEO yang sangat terkenal sekali di wordpress.org yakni all in one SEO Plugin dan Plugin SEO by Yoast. berikut saya akan jelaskan mengenai fitur kedua plugin ini satu persatu.

All in One SEO Plugin

Plugin ini sangat membantu sobat untuk mengoptimasi SEO onpage blog sobat, berikut semua fitur yang telah ada didalam plugin ini :

  • Secara otomatis dapat mengsubmit sitemap pada google dan bing
  • Fitur Canonical URLs yang lebih maju
  • Fine tune Page Navigational Links
  • Support for SEO on Custom Post Types
  • Mempunyai Fitur Google Analytic
  • Built-in API so other plugins/themes can access and extend functionality
  • Dapat mencegah duplicate content pada blogs
  • Bisa terintegrasi langsung dengan WP e-Commerce sites
  • Sangat mendukung bagi Instalasi  CMS-style WordPress
  • Bagi pemula tidak usah bingung untuk mensettingnya karena ia telah berjalan dengan baik.
  • Secara otimatis akan mengoptimasi judul post pada berbagai macam seach engine.
  • Bisa membuat meta tags secara otomatis.
  • For advanced users, you can fine-tune everything to optimize your SEO

Baca Juga : Cara Setting All In One SEO Pack

SEO Plugin By Yoast

Menurut saya pribadi Yoast plugin ini memiki fitur yang lebih banyak dibandingkan all in one, berikut fitur yang dimiliki yoast namun tidak ada di All in one.

  • Telah dilengkapi dengan breadcrumb
  • Optimasi RSS
  • Ada fitur edit .Htaccess dan Robot.txt
  • Mempunyai fitur langsung ke sosial media
  • dilengkapi dengan fitur page analysis

Mensetting Robots.txt

Robots.txt adalah sebuah file yang dapat dapat menginstruksikan kepada semua bot search engine yang datang mengenai cara perayapan dan pengindeksan blog atau website. Bagi yang belum tahu robots.txt dan bagaimana cara mensettingnya?  Silahkan baca artikel ini untuk pengetahuan dan tutorial lebih lanjut

Konten Blog

Inilah bagian yang paling penting, konten adalah raja. Buatlah konten yang original dan artikel yang kretif.  Jangan lupa untuk mempergunakan Heading pada post sobat agar memudahkan google mengerti akan poin-poin artikel yang sobat tulis,  hindari kesalahan ejaan dan lain sebagainya. Mengenai masalah keyword didalam artikel, sobat mesti memperhatikan keyword density, jagalah keyword dalam artikel sekitar 3 – 8 % dan jangan sekali kali menggunakan keyword stuffing.

Sekianlah artikel tentang SEO onpage bagi pemula, bagi yang sedang membangun link building (backlink) silahkan baca artikel panduan berikut agar tidak kena penalty oleh google nantinya : Tipe link building yang tidak disukai oleh google

 

Leave a Reply