Penyebab dan Dampak Pemanasan Global

Pengertian Pemanasan Global

Apakah anda mengetahui apa itu pemanasan global / perubahan iklim ? Pemanasan global merupakan suatu peristiwa yang menyebabkan terjadinya peningkatan suhu di atas rata-rata atmosfer, daratan, maupun lautan yang berada di muka bumi. Pemanasan global ini menyebabkan ekosistem yang ada di dalam bumi menjadi tidak seimbang. Suhu di permukaan bumi meningkat sehingga terjadi pemanasan global. Peningkatan suhu ini disebabkan oleh peningkatan kadar gas rumah kaca (green house gas), seperti metana, dinitro oksida (N2O), karbondioksida (co2), chlorofluorocarbon (CFC) perfluorokarbon, dan hidrofluorokarbon. Emisi gas rumah kaca tersebut tersebut terjadi dari berbagai macam sumber yaitu pembakaran hutan (deforestation), pembakaran energi fosil, emisi dari mass industrial dan lain sebagainya. Dengan terjadinya pemanasan global akan terjadi perubahan ekosistem di permukaan bumi. Perubahan iklim dan cuaca akan menyebabkan dampak yang negatif, seperti kenaikan permukaan air laut, es di kutub utara dan di kutub selatan akan mencair, dan punahnya beberapa spesies tumbuhan dan hewan.

Proses Terjadinya Pemanasan Global

Proses terjadinya pemanasan global ini berawal dari aktivitas manusia modern yang menimbulkan banyak sekali emisi senyawa gas rumah kaca (green house gas) seperti N2O, CO2, uap air, metana, dan CFC sehingga mengakibatkan senyawa-senyawa gas rumah kaca yang dihasilkan tersebut banyak sekali terkandung di lapisan atmosfer. Nah, hal inilah yang menyebabkan panas matahari yang masuk kebumi mengalami kesulitan keluar dari bumi / terperangkap oleh lapisan atmosfer yang banyak sekali terkandung senyawa gas rumah kaca tersebut. Untuk detail ilustrasinya silahkan lihat pada gambar dibawah.

Image credit : stuff.co.nz

Penyebab Pemanasan Global

Pemanasan global banyak disebabkan dari berbagai hal. Aktivitas manusia sehari-hari dapat menyebabkan pemanasan global. Manusia banyak melakukan suatu hal tetapi tidak sadar dengan dampak yang akan ditimbulkannya. Pemanasan global akan semakin banyak seiring dengan aktivitas manusia yang keliru dan kebutuhan manusia semakin hari semakin meningkat. Berbagai penyebab pemanasan global adalah sebagai berikut :

  1. Penggunaan listrik yang berlebihan

Zaman sekarang ini hidup manusia tergantung sekali dari yang namanya listrik. Setiap aktivitas manusia kebanyakan menggunakan listrik, seperti televisi, setrika, kulkas, mesin cuci, dan alat elektronik lainnya. Tanpa manusia sadari bahwa penggunaan listrik yang berlebihan akan meningkatkan terjadinya pemanasan global. Hal ini dikarenakan mayoritas energi listrik yang masih digunakan oleh manusia saat ini masih berasal dari pembangkit energi pembakaran fosil seperti batubara, minyak bumi, gas alam dan lain sebagainya yang akan mengimisikan gas rumah kaca. Semakin banyak menggunakan energi listrik maka akan semakin banyak juga gas rumah kaca yang akan diemisikan oleh pembangkit energi listrik tersebut, jadi mulai sekarang, biasakan dengan gaya hidup yang hemat listrik ya kawan dan dukung selalu program pengembangan energi yang ramah lingkungan seperti matahari, air, angin dan lain sebagainya.

  1. Jumlah Pohon yang makin sedikit

Peningkataan kebutuhan manusia akan kayu dan lahan pada 2 abad terakhir ini, menimbulkan banyak sekali pohon-pohon bahkan hutan yang menjadi korbannya. Semakin berkurangnya hutan dibumi maka secara otomatis akan menimbulkan pemanasan global. hal ini dikarenakan pohon sangat berperan penting terhadap penyerapan gas co2 menjadi O2 yang disebut proses fotosintesis. Jadi semakin berkurangnya pohon dimuka bumi ini akan menyebabkan siklus CO2 dan O2 menjadi tidak seimbang dan terganggu sehingga menyebabkan kadar CO2 menjadi sangat banyak & tidak terkendali. Alhasil pemanasan global adalah konsekuensi akhirnya. Untuk menanggulangi masalah ini, Mari kita dukung program reboisasi yang diadakan oleh pemerintah dan bagi anda yang mempunyai halaman, alangkah baiknya untuk menanam  satu pohon dihalaman anda

  1. Banyaknya penggunaan senyawa CFC

Di zaman modern ini banyak sekali produk produk yang menghasilkan senyawa CFC / chlorofluorocarbon seperti aerosol, kulkas dan AC. Senyawa cfc ini berpotensi besar akan merusak lapisan Ozon. Oleh karena itu, penggunaan CFC dan produk yang mengahasilkan senyawa CFC sudah mulai dilarang hampir disetiap negara dan menggantinya dengan produk yang ramah lingkungan, Seperti Air Conditioner yang berada dipasaran saat ini, sudah tidak lagi menghasilkan senyawa CFC.

  1. Peningkatan jumlah kendaraan

Transportasi merupakan titik tumpu aktivitas manusia modern saat ini. baik itu, motor, mobil, bus, kereta api, kapal dan pesawat. Namun, permasalahannya, bahan bakar yang digunakan oleh mayoritas besar transportasi di dunia ini masih berasal dari energi fosil yang nanti akan menghasilkan banyak sekali senyawa gas rumah kaca dan asap yang berlebihan, sehingga dapat menyebabkan perubahan iklim dan mengganggu kesehatan manusia.

      5.  Emisi Pabrik

Awal abad ke 20 mass industry merupakan fenomena yang sudah tidak terelakan lagi. Hal ini ditandai dari semakin banyaknya bermunculan pabrik pabrik raksasa yang memproduksi berbagai macam produk secara massive. Namun, pabrik tentu saja akan mengemisikan sesuatu ke udara yang nantinya juga akan memicu  pemanasan global.

  1. Pembakaran hutan

Saat ini banyak sekali terjadi pembakaran hutan yang dilakukan sengaja oleh manusia untuk kepentingan yang lebih menguntungkan atau dalam rangka pembukaan lahan baru. Banyak perusahaan-perusahaan yang mengonversi lahan hutan menjadi kepentingan lainnya. Dengan berkurangnya hutan, maka jumlah CO2 didunia semakin berkurang. Padahal dengan berkurangnya CO2 akan mengurangi pemanasan global.

  1. Lapisan ozon semakin tipis

Lapisan ozon berfungsi sebagai melindungi bumi dari sinar matahari yang panas. Lapisan ozon akan semakin berkurang dan semakin tipis dengan meningkatnya gas di udara. Lapisan ozon yang tipis akan menyebabkan terjadinya pemanasan global.

Dampak Pemanasan Global

Pemanasan global akan berdampak pada kehidupan bumi. Berbagai dampak pemanasan global adalah sebagai berikut :

  1. Dampak daerah kutub

Es yang terdapat pada kutub utara maupun kutub selatan akan mencair. Sehingga akan terjadinya kenaikan air laut. Gunung es dikutub utara akan mencair sehingga akan terjadi hujan salju. Dari dampak itu akan menyebabkan banyak pulau dibumi yang akan tenggelam.

  1. Dampak pada lautan

Dengan mencairnya es dikutub akan menyebabkan air laut mengalami kenaikan. karena kenaikan permukaan air laut tersebut menyebabkan terjadi banjir dan menurunnya jumlah luas daratan, Sehingga akan menyebabkan beberapa pantai dan pulau tenggelam.

  1. Dampak pada pertanian

Dampak pemanasan global pada sektor pertanian terdiri dari kekeringan diwilayah pertanian, peningkatan hama, terendamnya lahan pertanian akibat naiknya permukaan air laut, musim yang tidak menentu dan seringnya terjadi gagal panen.

  1. Dampak pada hewan dan tumbuhan

Hewan maupun tumbuhan merupakan bagian suatu ekosistem yang penting bagi kehidupan manusia dibumi. Pemanasan global akan menyebabkan hewan dan tumbuhan dibumi akan mati. Sehingga ekosistem dibumi akan berkurang. Dengan terjadinya banyak tumbuhan dan hewan yang mati akan menyebabkan hewan dan tumbuhan tersebut semakin langka.

  1. Dampak bagi kesehatan manusia

Pemanasan global yang terjadi akan membantu penyebaran berbagai penyakit terhadap manusia seperti semakin meningkatnya penyakit infeksi seperti antrax, demam berdarah, flu burung dll. Bahkan juga dapat menggangu saluran pernafasan dikarenakan polusi udara yang berlebihan.

Baca juga : Pencemaran Lingkungan beserta dampaknya

Leave a Reply